PT Ford Motor Indonesia (FMI) hari ini dikalangan media cetak dan
elektronik mengumumkan kehebatan dan kecanggihan dari mesin EcoBoost 1.0
liter. Mesin terkini itu menyodorkan cara kerja mesin 1.6 liter
konvensional namun dengan perbaikan signifikan dalam efesiensi bahan
bakar dan emisi karbon dioksida.
EcoBoost 1.000 cc nantinya akan dipasangkan pada New Ford Fiesta sebagai
edisi model Fiesta yang kini masih beredar di Tanah Air.
“Kami ingin
segera menampilkan kepada khalayak Indonesia,” kata Bagus Susanto
Managing Director PT Ford Motor Indonesia di Ice Palace, Lotte Shopping
Avenue, Karet Kuningan, Jaksel (17/12/2013).
Bila tidak ada kendala New Ford Fiesta dengan mesin baru muatan 1.000
cc, 3 silinder, (120 PS, 170 Nm) yang diklaim memiliki tenaga setara
dengan mesin 1.600 cc ini bakal meluncur pada 2014 di Jakarta.
Teknologi Ford EcoBoost menyambungkan direct fuel injection,
turbocharging dan variable valve timing dengan model block mesin yang
kecil untuk menghasilkan penyimpanan bahan bakar hingga 20 persen setara
model mesin besar tanpa kehilangan kinerja. “Dimensinya cukup kecil
sehingga dapat dimasukkan ke dalam bagasi kabin pesawat,” tambah Bagus.
Di samping itu, beberapa keunggulan EcoBoost seperti timing belt mesin
yang direndam dalam pelumas, diklaim membatasigesekan dan menurunkan
kebisingan dibandingkan dengan sabuk kering. Sabuk atau belt tidak
pernah perlu diganti karena mampu bertahan hingga jarak pemakaian
200.000 km dengan demikian menurunkan biaya kepemilikan.
Kehandalannya tak perlu diragukan sebab mesin terkecil dari keluarga
Ford EcoBoost tersebut sudah mengantongi berbagai penghargaan tingkat
international selama dua tahun berturut-turut. Sebut saja, gelar sebagai
Best Engine Under 1.0 liter, lalu International Paul Pietsch Award 2013
untuk inovasi teknologi di majalah Jerman Auto Motor und Sport Best
Cars Awards dan Dewar Trophy dari Royal Automobile Club di Inggris serta
Breakthrough Award dari majalah Popular Mechanics di Amerika Serikat.
Home
»
»Unlabelled
» Eco-boost menemani ford fiesta
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment